Tuesday, March 24, 2015

Google for life


Google bukanlah hanya sekedar mesin pencari, kini Google berubah dengan menciptakan berbagai layanan yang dapat kamu manfaatkan untuk membantu kehidupanmu di dunia yang penuh teknologi seperti sekarang ini.

Sedikit cerita, kemarin siang, adik sepupu saya datang kerumah minta diajarin upload file di internet, dia bilang takut tiba-tiba filenya hilang, dalam hal ini sepertinya sepupu saya sudah sadar akan penggunaan cloud computing, yang menyimpan segala sesuatunya melalui internet dan bisa diakses dimanapun dan mengurangi kekhawatiran akan kehilangan data ketika menyimpan di komputer / laptop.

Saya pun menginstalkan Google Drive di laptopnya, sebenarnya banyak penyedia layanan serupa seperti OneDrive, Dropbox, Box, Mediafire, dll. Tapi, karena saya suka produk-produk Google jadi yang saya instalkan adalah Drive milik mbah Google. :)

Itu adalah salah satu produk / layanan Google yang dapat kamu manfaatkan, masih ada produk / layanan lainnya. Berikut layanan Google yang dapat kamu manfaatkan secara gratis:

1. Google Mail (Gmail)
Google Mail atau biasa kita kenal Gmail ini adalah layanan email yang disediakan gratis oleh Google. Ini juga merupakan layanan dasar yang harus kamu miliki untuk menikmati fasilitas Google lainnya.



2. Google Drive
Google Drive adalah penyimpanan awan atau cloud computing yang berarti data-data kamu tersimpan internet, tanpa takut kehilangan data dan tentunya dapat diakses dimanapun. Google memberikan 15GB secara gratis buat kamu.



3. Google Docs
Google Docs adalah aplikasi perkantoran seperti halnya Microsoft Office. Ada Google Docs untuk menulis dokumen seperti Office Writers, Google Sheets seperti Excel, dan Google Slides seperti PowerPoint. Google Docs awalnya hanya bisa digunakan ketika ada koneksi internet, tapi sekarang kamu bisa menggunakannya walaupun lagi nggak ada koneksi, tapi sebelum itu perlu disetting agar bisa digunakan secara offline.



4. Google Calendar
Google Calendar bukanlah sekedar Calendar biasa, kamu biasa menggunakannya untuk mengatur jadwal kegiatan sehari-hari kamu, jadwal sekolah, jadwal kerja, meeting, janjian, dll.



5. Google Keep
Google Keep seperti note atau catatan kecil, kamu bisa mencatat apa-apa yang akan kamu kerjakan atau daftar barang belanjaan kamu.



6. Google Chrome
Google Chrome adalah browser yang powerfull. Chrome bukan sekedar browser biasa, Chrome menyediakan toko aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk menginstal aplikasi, memasang plugin, atau mengganti tema browser. Dengan login di Chrome, data kamu akan tersimpan secara otomatis seperti bookmark atau history dari web yang kamu akses.

7. Google+
Google+ adalah jejaring sosial seperti halnya facebook dan twitter. Jujur saja saya lebih suka Google+ daripada facebook karena tampilannya yang simple.

8. Blogger
Suka ngeblog, suka berbagi cerita? Blogger termasuk layanan Google, dengan blogger kamu dapat berbagi cerita, video, photo, dll, apalagi jika blog kamu punya pengunjung dan trafik yang bagus, kamu juga dapat memanfaatkan untuk menambah penghasilan dari blog.

9. Youtube
Layanan berbagi video ini ini awalnya bukanlah milik Google, namun Google telah membeli Youtube dan menjadi bagian dari Google. Dengan kamu yang telah mendaftar Gmail otomatis juga telah terdaftar di Youtube tinggal login menggunakan akun Gmail dan kamu bisa punya channel sendiri di Youtube.

10. Android
Nah yang terakhir ini adalah sistem operasi smartphone terbesar didunia yaitu Android. Android milik Google ini dibuat untuk memaksimalkan penggunakan layanan Google.

Sebenarnya masih banyak produk atau layanan Google yang dapat kamu gunakan. Jadi, silahkan segera mendaftar akun Google buat kamu yang belum punya untuk dapat menikmati fasilitasnya.

Dan.. tunggu posting selanjutnya bagaimana saya menggunakan layanan Google ini dalam kehidupan sehari-hari. :)

No comments:

Post a Comment