Thursday, March 26, 2015

Berkenalan dengan Android One


Android One adalah salah satu program Google untuk Android dimana pengguna dapat memiliki smartphone dengan harga terjangkau namun memiliki spesifikasi yang mumpuni serta memberikan pengalaman merasakan pengalaman Android yang sebenarnya.

Target dari pengguna Android One adalah negara berkembang, dan Indonesia termasuk salah satunya. Sekitar sebulan yang lalu Google menghadirkan Android One ke Indonesia dengan menggandeng 3 vendor lokal yaitu Evercoss, Mito dan Nexian.

Android One ini memiliki spesifikasi atau isi daleman yang sama hanya beda di merek saja. Android One yang masuk ke Indonesia pertama kali udah Android Lollipop versi 5.1 dan Indonesia jadi negara pertama yang mencicipi Android Lollipop terbaru ini.


Spesifikasi Android One:
- Layar 4.5" FWVGA
- Cortex A7 1.3 GHz Quad-Core processor
- 1GB RAM
- Penyimpanan 8 GB (dapat ditingkatkan sampai 32 GB)
- Dual micro SIM
- Kamera depan dan belakang (2MP dan 5 MP)
- Baterai Lithium-ion 1700mAh
- Android™ Lollipop (dan mendapatkan versi baru segera setelah dirilis)

Keunggulan dari Android One ini adalah dukungan yang langsung diberikan oleh Google selama 2 tahun, ini artinya hape berbasis Android One bakalan dapat support seperti update OS / sistem operasi, ini sama seperti seri Nexus dari Google yang harganya cukup mahal. Keunggulan lainnya adalah Android One ini ringan, sistem operasinya nggak diutak-atik, jadi pure Android, makanya dibilang bisa memberikan pengalaman Android yang sebenarnya.

Walaupun Android One ini menggunakan merek lokal, tapi jangan ragu sama kualitasnya, karena Android One ini adalah program Google yang bekerja sama dengan vendor lokal dan Google telah menguji dan menjamin produk yang diperkenalkannya. Daripada kamu beli hape-hape merek terkenal yang sudah mendunia di harga 1 jutaan tapi nggak dapat update lebih baik kamu beli Android One, jadi Androidnya nggak ketinggalan jaman, dengan dukungan sampai 2 tahun, mungkin kamu bisa dapat versi Android sampai 'N'.

Ini ada video perbandingan 3 smartphone Android One di Indonesia:


Sudah banyak juga yang review smartphone Android One ini, dan banyak yang bilang Android One ini ringan, lancar, ya karena itu tadi 'pure' sistem Android.

So, Kalau kamu lagi nyari smartphone dengan harga 1 jutaan, saya rekomendasikan untuk membeli smartphone Android One ini.


No comments:

Post a Comment