Tuesday, March 31, 2015

2 tahun pengalaman menggunakan laptop Samsung Series 5


Sudah sekitar 2 tahun lebih saya menggunakan laptop Samsung Series 5 ini, dan saya akan berbagi cerita tentang pengalaman selama 2 tahun penggunaannya.

Perjuangan untuk memiliki laptop ini agak sulit, saya berkeliling toko untuk mencarinya, karena pada saat itu hampir rata-rata toko komputer di Pontianak tidak menjual laptop Samsung, mungkin karena jarang yang nyari atau banyak yang tidak tahu atau mungkin juga karena Samsung tidak terlalu fokus pada bidang laptop sehingga tidak terlalu banyak promosi dan mengeluarkan banyak varian seperti halnya pada bidang smartphone.

Alasan saya memilih laptop Samsung Series 5 ini karena desainnya yang keren, tipis, elegan lah pokoknya :), dan memang kalau saya mencari barang yang no 1 nya adalah desain dan penampilan, untuk spek atau performa? itu nomor 2 :). Karena bentuk dan desainnya yang tipis ini, ada fitur yang dikorbankan, salah satunya adalah tidak adanya konektor VGA, jadi musti beli terpisah kabel konektor eksternal, tapi untuk Samsung Series 7 dan 9 dapat konektor VGA eksternal, hmm...

Samsung Ultrathin Series 5

Karena nggak ada konektor VGA ini saya sempat ada sedikit masalah ketika presentasi tugas akhir (TA). Waktu presentasi tugas akhir kuliah tahun 2013 lalu, saya sampai membawa 2 laptop, laptop Samsung ini dan laptop Toshiba punya saya sebelumnya, dan waktu presentasi juga saya keluarin dua-duanya. Dosen sempat heran dan tanya, terus saya jelasin aja kalau laptop Samsung ini nggak ada konektor VGA, dan memang waktu membuat tugas akhir ini semua data, program dan lain-lain ada di laptop Samsung, dan saya malas mau pindahin lagi data-data di laptop Toshiba, dan perlu settingan sana sini. Ribet.. :P

Ngomongin spek, Samsung Series 5 ini juga oke, dengan layar 13,3 bagi saya ini ukuran pas buat laptop, nggak terlalu besar dan nggak terlalu kecil, terus processor AMD Dual Core A6 4455M (2,1GHz), AMD Radeon HD 7500 Graphics, 8GB DDR, HD 500GB, 1 USB 3.0, 2 USB 2.0, dan Windows 8 Home Premium 64bit. Dan ada hal yang juga saya suka dari laptop Samsung ini adalah adanya aplikasi pendukung dari samsung, seperti sw update, buat download driver dan aplikasi pendukung lainnya.

Aplikasi SW Update

Laptop Samsung ini bisa dibilang sahabat saya, dimanapun selalu saya bawa, untuk rutinitas harian dan buat kuliah. Saya dulu kuliah di Politeknik ambil D3 bidang Teknik Informatika, jadi untuk kegiatan perkuliahan sangat membantu, dengan spek laptop yang memadai, cukup lancar dan enak dipake buat ngoding, desain grafis, selain itu dipake buat browsing dan nyoba instal-instal aplikasi. Kalau untuk game, performanya cukup bagus, karena saya pernah instal game-game cukup berat di Windows Store, hanya sekedar pengen tahu, karena saya nggak terlalu suka main game, dan sekarang game-gamenya sudah tiada. :)

Ada pengalaman aneh dan juga menyebalkan ketika menggunakan laptop ini. Pengalaman anehnya adalah semut yang bersarang di keyboard, saya nggak tahu kenapa bisa kejadian kayak gitu, apakah ada bekas makanan atau apa, jadi saya tekan semua tombol keyboard untuk membasminya dan banyak semut-semut keluar dari keyboard dan akhirnya saya juga  terpaksa melepas satu persatu semua papan keyboard dan membersihkan semut-semut yang pada mati kegencet.

Terus pengalaman menyebalkan terjadi kemarin, saat dalam proses instalasi ulang Windows 8.1, laptop tiba-tiba mati mendadak, mungkin akibat overheat pada laptop. Beberapa hari sebelumnya, saya menginstal ulang laptop saya dengan settingan pabrik karena beberapa hari laptopnya sering nglag.. errgh.. paling nggak tahan pake laptop kalau udah nglag. Karena pada awal pabrikan Windowsnya versi 8, jadi download lagi Windows 8.1 di Windows Store, setelah selesai dan laptop direstart, pada saat penginstalan atau konfigurasi sekitar 5% laptop mati dengan sendirinya, hmm.. errggg.. Saya biarkan beberapa menit, kemudian saya hidupkan kipas angin kecil dan saya arahkan ke laptop, setelah agak dingin, saya hidupkan kembali dan ulang lagi proses instalasi Windows 8.1, cukup lama juga waktu proses instalasinya sambil deg-degan juga takut mati lagi, dan harus ngulang lagi pastinya -_-, setelah beberapa jam kemudian, proses instalasi pun selesai.. legaaa...

Tampilan Windows 8.1

Untuk menjaga keawetan laptop, ada beberapa hal yang saya lakukan. Pertama dan yang paling dasar adalah sistem operasi harus original dan kebetulan Samsung Series 5 yang saya beli sudah bundling sama Windows 8, kemudian nggak instal aplikasi bajakan dan membersihkan laptop seminggu sekali. Mungkin terlihat munafik, nggak pernah instal aplikasi bajakan, yah bisa dikatakan, saya hanya sekali menginstal aplikasi bajakan untuk laptop ini, yaitu aplikasi Office 2007 dari Microsoft, dan itu pun saya menginstalnya ketika sedang membuat tugas akhir (TA) dan setelah itu, saya hapus dan kembali menggunakan LibreOffice. Saya takut aplikasi bajakan malah akan membuat virus mudah menyerang laptop saya.

Dan akhir-akhir ini laptop Samsung saya jadi sering overheat, mungkin karena saya belum mengganti thermal pastenya. Thermal paste ini penting loh, fungsinya adalah menjaga suhu dan mempercepat proses penghantaran panas dari processor ke heatsink sehingga processornya nggak cepat panas, dan sebaiknya kamu menggantinya setiap 1 tahun sekali (kalau nggak salah), jadi silahkan kamu bawa ke service centre atau abang tukang service komputer. Hmm.. setelah difikir-fikir mungkin ini salah satunya, kenapa laptop saya cepat panas dan suka nglag.

Sekian pengalaman saya dan semoga laptop ini tetap bertahan untuk beberapa tahun mendatang ;)

No comments:

Post a Comment