Thursday, April 09, 2015

Tips agar laptop tetap awet


Terlepas dari laptop yang kita miliki, entah itu merk atau harga yang mengatakan bahwa harga menentukan kualitas, berikut tips agar laptop kamu tetap awet.

1. Pastikan OS (Sistem Operasi) yang dimiliki original.

Sebaiknya saat kamu membeli laptop dan ingin menggunakan Windows, belilah yang sundah bundling atau sudah termasuk Windows original didalamnya, akan lebih hemat daripada kamu beli laptop dan Windows secara terpisah. Ini tidak termasuk jika kamu ingin menggunakan OS berbasis Linux yang tersedia secara gratis seperti OS Ubuntu.

2. Jangan instal aplikasi bajakan.

Usahakanlah jangan instal aplikasi bajakan, mengapa? ada dua alasan, pertama, aplikasi bajakan yang kita instal tidak dapat pembaharuan atau update secara berkala. Aplikasi yang tidak diupdate bisa jadi sarana untuk virus masuk ke laptop kamu. Kedua, aplikasi bajakan banyak yang memerlukan crack, patch atau semacamnya. Kita tidak tahu apa yang ada pada crack atau patch tersebut, bisa saja itu mengandung virus yang telah ditanamkan oleh hacker untuk masuk dan mengendalikan laptop serta mencuri informasi dan data pribadi kamu. Hmm..

3. Selalu update aplikasi terbaru.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, aplikasi yang diupdate mencegah virus masuk ke laptop, selain itu, update aplikasi juga memperbaiki, menambal celah keamanan dan biasanya penambahan fitur-fitur terbaru.

4. Jangan bebankan laptop dengan menyimpan file besar terlalu banyak.

Video, film dan lagu termasuk file yang sering ada di laptop. Jika terlalu banyak, hanya akan membebankan kinerja laptop dan juga dapat membuat laptop lelet serta lag. Sebaiknya file-file besar tersebut disimpan di harddisk external.

5. Bersihkan laptop.

Setelah dipakai atau setelah mengakhiri pemakaian laptop pada satu hari, bersihkan laptop dengan kain lap atau tisu, cukup pada body, keyboard dan layar laptop. Dan seminggu atau sebulan sekali, bersihkan laptop pada bagian dalam, seperti kipas laptop yang penuh dengan debu agar laptop tidak cepat panas.

Sekian tips yang saya berikan, dan hal-hal diatas memang saya lakukan pada laptop tercinta. Dan Alhamdulillah sekarang sudah masuk 2 tahun lebih, laptop saya masih awet dan belum ada masalah yang berarti, yah sempat kemarin-kemarin mati sendiri akibat overheat karena kemungkinan saya belum ganti thermal pastenya. Semoga membantu :)

No comments:

Post a Comment