Wednesday, April 08, 2015

Cara bakar file ke CD/DVD di Windows 8.1


Banyak cara untuk membakar file ke CD/DVD. Bisa dengan langsung dibakar dengan api, dikasih minyak dulu baru dibakar, dimainkan, dilempar, dicium, ditampar baru dibakar.. Just kidding :)
Terus bagaimana cara bakar file ke CD/DVD?

Sekarang tidak perlu aplikasi pihak ketiga untuk membakar file ke CD/DVD karena di Windows 8.1 terdapat fitur yang dapat kamu gunakan untuk melakukan hal tersebut. Caranya sangat mudah.

1. Siapkan CD/DVD kosong.

2. Masukkan CD/DVD kosong ke DVD Write. Disini saya menggunakan CD/DVD eksternal karena laptop saya tidak punya DVD write internal.

3. Klik CD/DVD yang muncul pada file explorer. Akan muncul window seperti gambar dibawah.

Silahkan jika kamu mau isi 'Disc title' dengan nama yang kamu suka, terus ada 2 pilihan, yaitu:
a. Like a USB flash drive, ini maksudnya CD/DVD kamu bakalan seperti flashdrive/flashdisk yang bisa di simpan, diedit, dan dihapus.
b. With a CD/DVD player, ini maksudnya CD/DVD yang sudah kamu burning, nggak bisa di simpan, diedit, atau dihapus. Ini kebalikan dari pilihan sebelumnya.
Disini saya memilih pilihan pertama.

4. Setelah kamu pilih, klik 'next', CD/DVD-nya bakalan diformat terlebih dahulu, tunggu sebentar, prosesnya nggak lama.

5. Silahkan kamu copy-paste file yang ingin kamu simpan ke CD/DVD.

6. Selesai. Di Windows 8.1, melakukan burning CD/DVD cukup dengan copy-paste seperti halnya melakukan copy-paste ke flashdrive/flashdisk.

Silahkan kamu keluarkan, dan coba masukkan lagi CD/DVD-nya untuk melihat berhasil atau tidak data yang telah kamu simpan di CD/DVD tersebut.

Saya juga mencoba untuk menghapus file yang telah saya masukkan sebelumnya, dan mencoba memasukkan kembali file berupa foto ke CD/DVD tersebut, dan ternyata kedua-duanya bisa dilakukan. Ok selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment